Pemupukan part 3

Part: 3 rotasi pemupukan

Tahukah anda tujuan dari rotasi pemupukan adalah supaya makanan tanaman selalu ada sama hal nya dengan manausia membutuhkan rotasi makan 3 kali sehari??? Pada proses pemupukan tidak disarankan di campur karena apabila di campur pupuk akan bereaksi seperti menguap, mencair juga bisa mengeras dan menimbulkan unsur baru yang belum tentu dibutuhkan tanaman. Jarak antar pemberian pupuk paling cepat adalah antara 3-4 Minggu Dengan tujuan pupuk yang sebelumnya sudah terserap dengan baik oleh tanaman.Klik disini



Dosis pupuk yang kita berikan ke tanaman sawit tiap rentang umur ada perbedaan (gambar di atas) kita ambil contoh pada rentang umur 3-8 tahun dimana total dosis pupuk selama setahun yaitu 6 kg/pokok terdiri dari 4 jenis pupuk.

Tahukah anda bahwa urea dan kcl diberikan 2 kali dalam setahun? Sehingga total pemupukan dalam setahun menjadi 6 kali.

Baik kita Jabar kan total rotasi pemupukan 6x dalam setahun:

Rotasi satu tahun pemupukan


Nah dibulan yang kosong itu kita prediksi puncak musim kemarau dan puncak musim hujan, karena pada saat itu tidak di sarankan melakukan pemupukan. Mohon jangan kaku di bulannya, agar disesuaikan sama musim d daerah masing-masing dan urutan ini tidak baku karena bisa disesuaikan dengan kondisi tanaman di kebun masing-masing pupuk yang mana di dahulukan, yang penting dalam satu tahun masuk ke 4 jenis pupuk tersebut.

Susunan pelepah

Tahukah anda bahwa susunan pelepah tanaman sawit membentuk huruf U menghadap pasar pikuk?  Hal ini berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah serta meningkatkan kesuburan tanah dan menahan erosi tanah atau pupuk yang kita berikan pada saat terjadi hujan.

Tahukah anda bahwa tidak semua pupuk di tabur di dalam piringan??? Hanya urea, borate, dan NPK saja yang kita tabur di piringan dan untuk kcl, dolomite/kisserite, dan SP 36 kita tabur di tumpukan pelepah yang seperti huruf U.

Penaburan pupuk ditumpukan pelepah


Tujuan kita melakukan hal ini adalah agar penyerapan makan oleh tanman maksimal karena akar yang aktif mencari makan adalah di ujung akar, bagaimana menentukan ujung akar? Seperti apa bentuk kanopi pelepah bagitu jugak bentuk sebaran akar di dalam tanah.

Sampai jumpa lagi di pembahasan pemupukan selanjutnya, yaitu perhitungan pembiayaan pupuk dan pola pemupukan menggunakan pupuk majemuk/NPK


Terimakasih.
KR093

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara jarak tanam mata 5

Rantai pasok kelapa sawit

Perhutanan sosial