Tracheability

Pola pemetaan partisipatif salah satu solusi percepatan tracheability kelapa sawit untuk kebun petani.


Tahukah anda saat ini pasar CPO sangat menginginkan ketelusuran (tracheability) buah kelapa sawit yang mau dibeli nya???



Permintaan pasar dunia terhadap CPO di dunia terus meningkat, saat ini CPO menjadi penghasil devisa negara paling besar no 3 d Indonesia. Saat ini pasar dunia juga menginginkan minyak kelapa sawit yang berkelanjutan, dalam hal ini ketelusuran buah kelapa sawit adalah salah satu syarat yang diminta pasar yaitu asal usul buah sangat jelas, tidak dari buah kelapa sawit di kawasan hutan, tidak membakar lahan dan merawat sawit nya yang berkelanjutan.


Saat ini ada banyak kendala yang dilakukan untuk tracheability, karena perlambatan pendapatan data di lapangan, hal ini disebabkan karena harus mencari dan mengajak petani yang punya kebun d mana petani memiliki kesibukan nya masing-masing.

Dengan melakukan pola pemetaan partisipatif dimana kita tidak mesti mencari dan mengajak petani nya melainkan hanya perwakilan yang mengetahui seluk beluk kampungnya, sehingga hasil yang di dapat tetap akurat dan dapat mempersingkat waktu dilapangan.

Terimakasih

KR093




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara jarak tanam mata 5

Rantai pasok kelapa sawit

Perhutanan sosial