Bibit sawit bersertifikat part 1

Part 1 benih/bibit bersertifikat.

Taukah anda kenapa benih/bibit sertifikat bagus dan produksi buah sangat tinggi...??? Mari kita bahas secara ilmiahmya (genetika).Klik disini

The brondols



Tahukah anda bahwa bibit sawit yang bersertifikat itu hasil dari kawin persilangan antara Dura dan Psifera yang  terunannya di beri nama Tenera. Bagini kornologisnya:





Dura adalah buah sawit yang bercangkang tebal dan masyarakat pada umumnya mengenal dengan sebutan buah batu. Buah Dura (Batu) ini sangat di sukai di kalangan petani, karena bentuk nya yang besar dan padat. Namun secara total produksi Dura ini produksi nya cukup rendah, biasanya hanya 6- 8 tandan/tahun/pokok.

Psifera adalah buah sawit yang bercangkang tipis/tidak bercangkang dan masyarakat pada umumnya mengenal dengan sebutan buah banci/landak. Buah ini yang disukai masyarakat adalah pokok tanaman nya yang tumbuh sangat subur dibandingkan dengan tanaman yang lain serta jumlah tandannya sangat banyak. Namun buah ini tidak laku dipabrik kelapa sawit karena rendeman minyak yang rendah dan produksi buah nya sangat rendah. Pada umumnya petani mengeluh dengan buah ini.

Tenera adalah buah sawit yang cangkang tidak terlalu tebal/tipis dan daging buah yang tebal serta produksi yang tinggi. Di Indonesia ada beberapa perusahaan yang melakukan persilangan dan mengeluarkan bermacam- macam merek dagang diantaranya marihat, Lonsum, Socfind, Topas, Damimas, Saint dll yang sudah terdaftar secara resmi. Semua bibit bersertifikat itu bagus karena semuanya Tenera, hanya mempunyai ciri khas tersendiri disetiap produknya, kalau dari segi produksi tidak terlalu jauh perbedaannya. Masyarakat hanya tinggal memilih salah satu produk nya saja yang penting itu bibit yang asli, karena benih bersertifikat itu jugak bisa d palsukan.

Cara-cara mengatasi benih bersertifikat yang palsu :
1. Membeli langsung ke perusahaan nya
2. Kalau memakai jasa orang lain harus jelas asal-usul orang tersebut, apakah memang langsung terlink k perusahaan.
3. Harus tau harga pasaran bibit, kalau terlalu murah kita harus curiga, karena tidak mungkin orang jual rugi.


Saat ini, anggota FKPBSI (Forum Komunikasi Produsen Benih Sawit Indonesia) sudah mencapai 10 perusahaan. Berikut daftar perusahaan benih yang tergabung dalam FKPBSI ini:


  1. Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan
  2. Socfindo
  3. London Sumatera (Lonsum)
  4. Bina sawit Makmur (Sampoerna Agro)
  5. Dami Mas (Sinar Mas Agro Resources and Technology)
  6. Tunggal Yunus Estate (Asian Agri Group)
  7. Tania Selatan (Wilmar International)
  8. Bakti Tani Nusantara
  9. Sarana Inti Pratama (Salim Grup)
  10. Sasaran Eksan Mekarsari (Mekarsari).





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara jarak tanam mata 5

Rantai pasok kelapa sawit

Perhutanan sosial